pendapatan online

5 Sumber Pendapatan Online Yang Terbukti Menghasilkan

Anda dan saya mungkin punya kemiripan. Setidaknya Anda dan saya mendapatkan informasi dari internet, betul? Saya cukup yakin jawabannya adalah iya. Kenapa? Karena Anda membaca tulisan di blog ini menggunakan jaringan internet.

“Ah… Nggak tuh, Saya baca tulisan ini dengan mencetaknya dulu kok?” Kalo memang Anda membaca tulisan ini pada lembaran kertas, tapi setidaknya Anda mendapatkan tulisan ini dari blog melalui koneksi internet juga ^_^

Hahaha… Menangan ya saya ^_^

Namun, bukan itu yang ingin saya sampaikan. Awalnya Anda mungkin seorang pengguna internet biasa seperti kebanyakan orang. Namun, entah sengaja atau tidak Anda juga menemukan informasi tentang sumber pendapatan online. Bahkan ada yang menunjukkan bukti pendapatan online-nya dalam jumlah yang cukup banyak!

Karena begitu banyak peluang untuk mendapatkan uang (baca: bisnis) menggunakan internet ini, sampai ada yang sesumbar bahwa SIAPAPUN bisa mendapatkan uang dengan mengoptimasi internet. Setuju dengan pendapat ini? Tidak?

Oke, saya ingin cerita sedikit dengan pengalaman saya dengan pendapatan online dari internet. Sebelum lanjut, saya ingin sampaikan kalau saya juga sudah pernah menulis sebuah tulisan tentang pendapatan sebuah blog yang lumayan wah! Anda bisa baca di sini.

Oke balik lagi, saya sendiri adalah orang pengguna internet biasa seperti kebanyakan orang. Tapi, saya juga pernah mencoba beberapa hal yang katanya bisa menghasilkan uang dari online. Saya pernah mendapatkan uang dari kegiatan online, walaupun gak besar ya… Cukuplah buat memperpanjang sewa hosting dan domain selama setahun ke depan dan beli beberapa kursus online serta buku, beberapanya saya tulis di halaman rekomendasi di blog ini ^_^

Saya bukan profesional yang memang menggantungkan 100% pendapatan saya dari kegiatan online. Tapi, kalau hanya membuktikan hipotesa bahwa setiap orang bisa mendapatkan uang dari kegiatan online mereka. Kesimpulannya adalah BISA banget.

Saya akan sampaikan sumber pendapatan online yang terbukti menghasilkan, dan ini setidaknya berlaku buat saya pribadi. Siap? Langsung kita lihat ya…

  1. Pasang iklan Google Adsense di blog saya.
  2. Jadi affiliate atau penjual dari produk orang lain.
  3. Jual kaos dengan membuat desain di teespring.
  4. Jadi dropshiper produk-produk fisik dari tokopedia.
  5. Jual jasa riset facebook di fiverr.

Yes, setidaknya itulah daftar sumber pendapatan online saya dari online. Tapi, sekali lagi jangan tanya sudah dapat berapa ya hahaha…

Secara garis besar saya akan cerita sedikit tentang masing-masing kegiatan online tersebut. Pertama, pasang iklan Google Adsense di blog. Saya hanya mendaftar Google Adsense dan mendapatkan kode iklan khusus yang saya masukan ke dalam blog saya. Misalnya Anda mengunjungi blog saya dan saat membaca salah satu posting, Anda melihat sebuah iklan yang menarik buat Anda dan akhirnya meng-kliknya, maka saya sebagai pemilik blog akan mendapatkan beberapa sen dollar.

Kegiatan online kedua yaitu menjadi affiliate atau penjual produk orang lain. Ini sejatinya adalah makelar atau agen penjual produk orang lain di dunia pemasaran offline. Saya hanya merekomendasikan produk kepada Anda atau siapa saja yang saya kenal, di saat Anda membeli produk tersebut maka saya akan mendapatkan komisi atas penjualan tersebut.

Selanjutnya adalah menjual kaos di teespring. Prinsipnya juga cukup sederhana, saya hanya membuat desain gambar atau tulisan yang menarik untuk dilekatkan pada kaos, hoodie atau produk lain. Lalu, jika ada orang yang suka dengan desain tersebut, maka dia akan membelinya melalui platform teespring tersebut. Semuanya diurus oleh teespring, mulai dari pencetakan desain di atas kaos atau hoodie hingga pengiriman ke pembeli. Jadi, saya sebagai pembuat desain akan terima bersih saja bagian saya.

Lalu, beberapa bulan terakhir ini saya juga menjalankan kegiatan dropship produk. Sederhananya adalah saya hanya menjajakan ulang produk-produk yang sudah ada (biasanya di tokopedia) dengan menaikan harganya. Saat, ada orang yang ingin membeli dari saya, maka saya akan memesan kepada supplier atau pemilik awal barangnya dan minta dikirimkan ke alaman orang yang membeli dari saya tersebut. Dari mana saya dapat untung? Dari selisih harga jual saya ke konsumen saya dengan harga beli saya dari supplier. Enaknya adalah saya tidak perlu melakukan kegiatan menyiapkan dan mengirimkan barangnya.

Yang terakhir adalah jual jasa riset facebook di fiverr. Kebutuhan riset tentang niche, keyword dan target iklan facebook ternyata cukup banyak, saya menggunakan tool internet yang saya beli untuk melakukan riset kebutuhan tersebut. Dari mana saya mendapat pembeli atau pengguna jasa? Dari Fiverr jawabannya. Saya mendaftar di sana lalu menjajakan jasa saya, saat ada orang yang ingin menggunakannya, maka saya akan dibayar atas jasa tersebut.

Nah, mungkin Anda juga mau memulai untuk menggunakan online untuk mendapatkan uang? Silahkan, informasinya di internet begitu berlimpah dan gratis pula. Namun, memang kelemahannya Anda memang harus mencobanya satu-satu apakah works or not.

Jika Anda tidak mau coba-coba, salah satu langkah yang bisa Anda tempuh adalah belajar langsung dengan orang-orang yang memang praktisi dan bersedia mengajarkannya ke Anda. Dan, ini yang akhirnya saya lakukan juga.

Punya pengalaman atau pertanyaan tentang pendapatan online atau hal lain yang terkait dengannya? Jangan sungkan menuliskannya di kolom komentar ya ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *