Simulasi Biaya Pendidikan Menggunakan Emas

By | 18 October 2011

Beberapa tulisan sebelumnya telah dibahas tentang bagaimana cara menghitung dan mengkonversikan biaya pendidikan anak menggunakan emas (LM). Untuk memperjelas dan mendiskripsikan secara utuh atas proses perhitungan biaya pendidikan masa depan itu, maka berikut akan disampaikan simulasi biaya pendidikan menggunakan emas.

simulasi biaya pendidikan

Simulasi Biaya Pendidikan Berbasis Emas

Gambar di atas menunjukkan simulasi biaya pendidikan anak yang saat ini berusia 1 tahun, pada kolom kedua menunjukkan tingkat pendidikan yang akan ditempuh oleh sang buah hati, kolom ketiga adalah jumlah tahun menjelang sang anak memasuki tingkat pendidikannya nanti, misalnya saat ini usia anak 1 tahun dan 3 tahun lagi akan masuk pendidikan playgroup/PAUD, 5 tahun lagi akan masuk SD, 17 tahun lagi masuk kuliah S1 dan seterusnya.

Kolom Total Biaya Saat ini adalah fakta biaya pendidikan perkiraan untuk masing-masing jenjang pendidikan saat ini, sedangkan kolom Biaya Akan Datang menunjukkan total biaya yang dibutuhkan pada saat anak akan masuk masing-masing jenjang pendidikan dengan mengambil asumsi pertumbuhan rata-rata sebesar 15% per tahun.

Kolom konversi LM saat ini adalah konversi harga biaya pendidikan saat ini terhadap emas (LM) dengan mengambil harga emas per gram sebesar Rp 521.500. Dua kolom terakhir adalah jumlah LM yang perlu dikumpulkan per tahun atau per bulan, dengan pembulan ke atas. Didapatkan pada bagian akhir kolom tersebut bahwa direkomendasikan untuk melakukan kegiatan menabung LM sebanyak 11 gram per bulan atau sekitar 94 gram per tahunnya.

Simulasi biaya pendidikan menggunakan emas ini adalah gabungan beberapa langkah yang dilakukan dan sudah dibahas di tiga tulisan sebelumnya. Simulasi biaya pendidikan ini adalah patokan untuk mengetahui langkah-langkah investasi yang lebih tepat.

Langkah selanjutnya adalah mengetahui BAGAIMANA CARANYA. Tentu saja ada beberapa alternatif langkah untuk melakukannya, memulai dengan membeli secara bertahap sesuai target yang harus dikumpulkan, membeli sekaligus jika memiliki sejumlah uang setara dengan kebutuhan emasnya, membeli dengan menyicil dan beberapa langkah alternatif lainnya. Tulisan tentang membeli dengan menyicil juga pernah ditulis di beberapa kesempatan sebelumnya, silahkan melihat kembali tulisan sebelumnya. Semoga Bermanfaat.

3 thoughts on “Simulasi Biaya Pendidikan Menggunakan Emas

  1. santi

    Apakah harus 1th.usia anak.tolong estimasikan biaya untuk anak usia 3&6th.mks

    Reply
    1. Charly Buchari Post author

      Tidak harus usia 1 tahun ibu, tabel itu adalah salah satu contoh untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak yang saat ini berusia 1 tahun dan beberapa tahun lagi direncanakan untuk masuk sekolah dengan biaya saat ini seperti yang telah diestimasikan. Dengan cara yang sama, yaitu: mengetahui jumlah tahun yang “tersisa” untuk masuk sekolah dan biayanya, juga mengetahui nilai konversi rupiah ke emasnya, ibu bisa melakukan perhitungan serupa. Ibu dapat menghitungnya dengan merujuk beberapa tulisan sebelumnya. Selamat mencoba ibu dan berencana 🙂

      Reply
  2. Pingback: Pertimbangan Sebelum Mencicil Emas - Charly Buchari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.