Selisih Harga Emas Saat Jual dan Beli

selisih harga emasSelisih harga emas saat menjual dan saat membeli menjadi “permasalahan” sendiri bagi para penabung emas. Saya ambil contoh harga emas yang dipublikasikan oleh ANTAM tanggal 28 November 2013, dimana harga jual logam mulia pecahan 10 gram adalah Rp 4.910.000 atau Rp 491.000 per gram. Pada bagian atas, kita bisa dapatkan informasi buyback price atau harga beli kembali oleh ANTAM dari masyarakat yaitu Rp 466.000 per gram.

Jika anda membeli emas 10 gram saat ini maka kita harus merogoh kocek sebesar Rp 4.910.000. Setelah kita menerima emas tersebut, kita langsung menjual kembali emas tersebut ke ANTAM, maka ANTAM akan membeli emas 10 gram tersebut sebesar Rp 4.660.000 (10 gram x Rp 466.000). Jadi, anda akan mengalami kerugian sebesar Rp 250.000 dan ini setara dengan 5,4%. Semakin kecil pecahan logam mulia yang anda beli maka selisih harga emas saat jual dan saat beli akan semakin besar, dan sebaliknya semakin besar pecahan logam mulianya maka selisihnya akan semakin kecil.

Berdasarkan perhitungan rata-rata selisih harga emas saat jual dan saat beli berkisar antara 4,4% hingga 12,7% tergantung pecahan logam mulia yang dipilih. Dari data ini, semakin menguatkan anjuran bagi anda yang memulai menabung emas bahwa emas bukan alat investasi spekulasi dan bukan untuk jangka pendek. Emas lebih cocok untuk menjaga daya beli anda di masa depan karena sifatnya yang memang zero inflation.

Selisih Harga Emas Selain di ANTAM

Selisih harga emas saat jual dan beli di toko emas akan tidak se-ekstrim angka tersebut. Contoh di GeraiDinar untuk produk dinar emas-nya berkisar 4% saja, misalnya kita membeli dinar Rp 2 juta dan segera menjual dinar tersebut di GeraiDinar, maka akan dipotong sebesar Rp 80.000 (4% x Rp 2 Juta ) dan otomatis kita menerima Rp 1.920.000 saja.

Di beberapa toko emas online untuk produk harga emas antam, kisaran harga hanya berkisar 1,5% hingga 14% tergantung pecahan emasnya. Untuk pecahan yang besar lebih baik membeli di toko emas karena selisih harga emas-nya lebih kecil dibandingkan di ANTAM. Tapi, pastikan lagi apakah harga belinya sama atau lebih murah dari ANTAM.

Lumayan jauh juga ya selisih harga emas-nya. Ada gak ya tempat lain yang memiliki selisih harga yang lebih masuk akal? jawabannya ADA! Anda dapat mencari sesama penabung emas atau distributor emas pribadi dan mulai menegosiasikan apakah selisih harga emas bisa lebih rendah dibandingkan membeli atau menjual ke toko emas. Memang mau? bisa jadi mau tapi bisa juga tidak mau ๐Ÿ˜‰ Tapi, saya rasa jika anda bisa mengungkapkan fakta menarik di belakangnya dengan berdasarkan informasi selisih harga emas di atas, peluang untuk MAU akan semakin besar. Saya akanย sharing info tersebut di tulisan berikutnya ya ๐Ÿ™‚ (doakan saya ya).