Rekomendasi

Disclosure: Beberapa link yang disampaikan dalam halaman rekomendasi ini adalah affiliate links. Rekomendasi yang saya sampaikan di sini bermanfaat bagi saya pribadi dan mungkin juga bermanfaat bagi Anda.

  1. Website geraidinar.com. Sebuah website yang berisi tentang bisnis dan wirausaha secara umum dan dikelola langsung oleh seorang mantan praktisi asuransi kerugian dan sekarang berprofesi sebagai entrepreneur yaitu bapak Muhaimin Iqbal. Saya mendapatkan banyak insight tentang emas dan wirausaha yang mengedepankan prinsip syariah dan profesionalisme dari website ini.
  2. Website chandoo.org. Sebuah website yang mengulas banyak terkait trik dan tips excel. Website ini menyampaikan hal-hal teknis dengan cara yang sederhana dan menarik. Saya menggunakan website ini sebagai referensi andalan terkait excel.
  3. Website smartpassiveincome.com. Sebuah website yang dikelola Pat Flynn, yaitu seorang serial entrepreneur yang membagi banyak hal terkait bisnis online.
  4. Saya sedang belajar tentang BRAND melalui ecourse Fantastic Brand yang disusun dan dibuat oleh Dodi Zulkifli, Seorang praktisi branding yang menyampaikan tentang brand dengan sederhana dan penuh dengan studi kasus.
  5. Saya juga belajar tentang Keuangan Usaha juga melalui ecourse Melek Finansial yang dipandu oleh Rendy Saputra, seorang konselor bisnis yang berpengalaman, studi kasus dari penerapan keuangan mulai dari membaca laporan keuangan hingga memahaminya untuk memberikan nilai tambah bagi usaha ataupun pekerjaan terkait dengan analisa keuangan.
  6. Instagram dan Facebook adalah sosial media yang saat ini digunakan sebagai media untuk pengembangan brand hingga sumber traffic dalam penjualan.  Saya belajar mengembangkan akun instagram bisnis dari Niko Julius melalui Kelas Instagram Organik yang dia pandu.
  7. Karena saya mendapatkan manfaat dan pondasi yang cukup baik dari Kelas Instagram Organik-nya Niko Julius, saya juga ikuti belajar di ecourse Facebook Instagram Ads. Kelas ini mengajarkan pondasi yang tepat dalam beriklan di Facebook dan Instagram, selain langkah-langkah teknis beriklannya.
  8. Kalo Tik Tok saya juga belajar lho, tapi saya gak bisa joget-joget. Jadi, saya belajar di ecourse Tik Tok Game Changer yang diasuh oleh Septian Bramandita, untuk mengembangkan audience fan base buat bisnis.
  9. Ada beberapa pengalaman saya saat menggunakan platform P2P (Peer to Peer) atau fintek untuk pengembangan keuangan keluarga yang akan saya ceritakan di beberapa tulisan blog ini, dan mungkin juga akan saya tulis di halaman ini.