Program MULIA Pegadaian Syariah

By | 8 August 2011

Di tulisan sebelumnya tentang kepemilikan logam mulia yang ada di sini, kita ditawarkan kemudahan dari BRI Syariah. Namun, selain lembaga keuangan tersebut masih ada lembaga lain yang bisa menjadi alternatif bagi kita untuk mendapatkan Logam Mulia (LM) dengan cara mengangsur alias mencicilnya dalam jangka waktu tertentu.

Di Pegadaian, kita juga dapat mendapatkan program serupa. Nama program kepemilikan tersebut adalah MULIA (Murabahah Logam Mulia Untuk Investasi Abadi) Pegadaian. Lengkap untuk program MULIA Pegadaian ini dapat di lihat di website resminya di sini. Dengan program ini, kita dapat memiliki LM tidak harus dengan mencicil tetapi juga secara kontan alias cash di tempat, walaupun memang harganya lebih tinggi dibandingkan dengan tempat pembelian LM lain seperti toko emas.

Program MULIA Pegadaian ini adalah produk dari Pegadaian Syariah dan juga dapat didapati di Pegadaian Konvensional juga. Jangka waktu maksimal untuk program ini “hanya” 3 tahun saja (ketentuan ini didapat saat tulisan ini dibuat). Sedangkan simulasi untuk program MULIA Pegadaian ini dapat anda donwload di sini. Lagi-lagi disampaikan bahwa program ini adalah produk resmi dari Pegadaian dan tentu saja informasi formal dan resmi yang memiliki tingkat validitas tinggi ada pada lembaga tersebut. Update terkait persyaratan dan biaya administrasi akan mengacu kepada informasi dari Pegadaian itu sendiri.

Sementara ini sudah ada dua lembaga pembiayaan yang menawarkan kepemilikan emas dengan cara mencicil yaitu KLM BRI Syariah dan MULIA Pegadaian Syariah. Jika BRI Syariah memposisikan sebagai lembaga pembiayaan dimana BRI Syariah akan membantu membantu nasabah untuk memiliki emas dengan cara mencicil, sedangkan Pegadaian menempatkan diri disamping sebagai peran yang sama dengan BRI Syariah, tetapi juga sebagai tempat penjualan emas langsung atau perannya seperti toko emas.

BRI Syariah memiliki rekanan toko emas sendiri, harga ditetapkan oleh toko rekanan BRI Syariah tersebut jadi memungkinkan berbeda dengan harga yang diterapkan oleh ANTAM. Sedangkan pegadaian bermitra langsung dengan pihak ANTAM dan harganya pun menyesuaikan dengan release ANTAM tersebut.

Prinsipnya semakin banyak alternatif untuk memiliki logam mulia dari lembaga yang ada akan membuat kita sebagai konsumen lebih memiliki lebih banyak bentuk program yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita. Selamat membandingkan 🙂

2 thoughts on “Program MULIA Pegadaian Syariah

    1. Charly Buchari Post author

      Datang ke BRI Syariah terdekat,tanya program KLM-nya. Biasanya akan dipersyaratkan beberapa syarat administrasi seperti kepemilikan tabungan tempat autodebet cicilan,daftar penghasilan dll.untuk lengkapnya bisa hubungi BRI Syariah terdekat. Cara mencicilnya dapat dilakukan dengan auto debet dari tabungan yg sudah dibuat,jadi cukup mudah,tinggal memastikan saja saldo ditabungan cukup untuk cicilan bulanannya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.