Presentasi Slideshare 2013

By | 15 January 2014

Presentasi Slideshare 2013Pagi ini saya memeriksa inbox email saya, dan mendapatkan kiriman email tentang views atau banyaknya kunjungan orang ke halaman presentasi slideshare milik saya di tahun 2013. Akun ini sudah cukup lama saya buat dan ada beberapa presentasi yang sudah saya upload di web khusus presentasi ini.

Total ada tujuh presentasi slideshare yang sudah saya upload, presentasi pertama yang saya unggah sekitar 3 tahun lalu tentang maskot-maskot Piala Dunia dari tahun 1966 hingga 2010. Beberapa presentasi selanjutnya adalah tugas kuliah dan karya akhir yang meluluskan saya di S-2 Manajemen Pemasaran UI tahun 2009 🙂

Wow! 1.000 Kunjungan Lebih ke Halaman Presentasi Slideshare Charly Buchari di Tahun 2013!

Email kali ini menarik saya, walaupun “hanya” 7 slide presentasi saja ada sekitar 1.054 kunjungan yang datang melihat presentasi tersebut. Tiga teratas presentasi slideshare yang paling sering dikunjungi adalah:

  1. Go… Kecap Bango Go! (285 kunjungan, 9 download); presentasi tentang brand management Kecap Bango.
  2. Strategi Komunikasi Brand BODREX (260 kunjungan, 6 download); presentasi tentang strategi komunikasi yang dilakukan oleh brand BODREX di pasar Indonesia.
  3. Komunikasi Brand “PANASONIC NOSE HAIR TRIMMER” (161 kunjungan); presentasi tentang penerapan komunikasi brand untuk kategori produk yang baru di Indonesia.

Yang membuat saya lebih surprise adalah eksekusi pernyataan tentang statistika kunjungan ke halaman presentasi slideshare tersebut. Ada kalimat yang cukup menarik yaitu “Charly, you received 1054 views in 2013! It would take three full Boeing 747 flights to hold that many people!” Lebih kurang kalimat ini menyatakan bahwa saya menerima 1.054 kunjungan di tahun 2013 dan jumlah kunjungan tersebut setara dengan jumlah penumpang untuk 3 pesawat Boeing 747.

Saat saya membaca angka 1.054 kunjungan, saya hanya berfikir angka itu cukup banyak juga ya. Tetapi, saat membaca bahwa jumlah itu setara dengan jumlah penumpang untuk 3 pesawat Boeing 747 yang terisi penuh, saya semakin sadar bahwa jumlah itu ternyata banyak, karena disetarakan dengan pesawat yang berukuran jumbo. Saat membayangkan 3 pesawat besar dijejer dan sudah terisi penuh, itu banyak sekali!

Yang bisa saya pelajari dari eksekusi pernyataan tentang statistika presentasi slideshare ini adalah menyetarakan dengan sesuatu yang lebih umum. Pada kasus tersebut adalah menyetarakan jumlah kunjungan tersebut dengan jumlah penumpang untuk pesawat ukurang jumbo yaitu Boeing 747. Semua orang umumnya paham bahwa pesawat itu mampu membawa penumpang dalam jumlah besar dan tentu saja pesawatnya berukuran besar dibandingkan tipe pesawat lainnya.

Contoh eksekusi lainnya yang memungkinkan: jika jumlah kunjungan sebuah website sebanyak 90 ribu kunjungan. Kesetaraan yang bisa dibuat untuk menjelaskan angka tersebut adalah stadion Gelora Bung Karno di Jakarta dimana kapasitas stadion tersebut mencapai 90 ribu. Pemilihan Gelora Bung Karno karena tempat ini rata-rata dikenal masyarakat Indonesia dan informasi ini akan ditujukan untuk orang Indonesia. Saat penerima informasi menerima info tersebut, maka dia akan paham dan dapat membayangkan jumlah tersebut secara lebih nyata.

3 thoughts on “Presentasi Slideshare 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.