Pola #BOM: Memahami Target Pasar

buku bisnis online milyaran (bom)

Beberapa hari yang lalu saya membahas sedikit tentang Buku: Bisnis Online Milyaran secara umum. Dan kali ini, saya ingin berbagi tentang pola Memahami Target Pasar, pola memahami target pasar ditempatkan pada pokok bahasan pertama di buku Bisnis Online Milyaran (BOM) dari Fikry Fatullah dan @Motivatweet.

Sebenarnya pola pertama ini tidak begitu berbeda dengan bisnis yang dijalankan secara langsung. Prinsipnya adalah tetap mencari pasar dan memberikan solusi dengan produk dan jasa anda.

Tetapi pendekatan dan proses lanjutan dari prinsip itu saja yang sedikit berbeda. Memang seperti nasehat pada penutup bab pola memahami target pasar ini, Anda memang perlu terjun langsung ke pasar tersebut dan memahami. Tetapi anda akan lebih mudah untuk terjun langsung dengan dukungan pengukuran dan analisa awal dengan menggunakan tools atau perangkat kerja online yang hampir semuanya gratis.

Beberapa catatan yang saya bisa ambil dari pola memahami target pasar ini adalah sebagai berikut:

  • Carilah pasar anda terlebih dahulu, pasar ini yang akan dijadikan sebagai target pemasaran anda.
  • Temukan permasalahan yang dihadapi oleh target pasar anda tersebut.
  • Temukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi tersebut.
  • Solusi itu adalah produk anda.
  • Setelah anda memiliki target pasar, carilah tema yang menarik bagi target pasar tersebut.
  • Buatlah konten dari tema tersebut, konten dapat berupa artikel blog, video di youtube, kicauan di twitter, status di facebook, foto yang diunggah ke instagram dan lainnya.
  • Niche adalah target pasar yang lebih kecil dan berbeda dengan pasar lain. Dan, inilah target pasar yang ideal.
  • Anda perlu menarik niche ini dengan cara mendalami: konteks, demografi, geografi, waktu, kesamaan, perilaku dan riwayat pembeliannya.
  • Tools untuk mendalami konteks dan tentunya gratis adalah:
    • Keyword planner di Google Adwords
    • Google Trends
  • Tools gratis untuk mendalami elemen lain seperti demografi, geografi, waktu, kesamaan, perilaku dan riwayat pemeblian, adalah:
    • Facebook Advertising
    • Tweetdeck
  • Anda perlu mendalami pasar yang menjadi target. Kebiasaan dari target pasar tersebut akan menentukan media online apa yang paling pas untuk anda dan audiens anda.

Catatan tentang pola Bisnis Online Milyaran (BOM) saya ini adalah versi ringkas, tentu saja dalam buku aslinya terdapat hal-hal teknis dan keterangan lebih mendalam dan detail untuk memperjelas topik bahasannya.

Beberapa contoh konkrit disampaikan dengan jelas. Jadi, anda bisa menemukan orang yang menjadi contoh pembahasan dalam buku ini.

Bahasan ini tidak ditujukan untuk orang yang sudah memiliki produk saja, tetapi bisa untuk anda yang belum memiliki produk atau jasa yang ingin dijual ke target pasar tersebut.

Dengan melakukan pengukuran dan memahami niche pasar anda, maka anda akan lebih mudah untuk mendekatkan diri kepada audiens target pasar anda.

Demikian catatan saya, semoga mas Fikry dan @Motivatweet tidak murka beberapa bocoran yang saya tulis di sini 😉 Insyaallah jadi ilmu yang bermanfaat ya mas, amin.

Update: Hingga tulisan ini saya buat, buku Bisnis Online Milyaran (BOM) ini tinggal 21 eksemplar saja, jika anda ingin memiliki dan segera mengambil manfaat, bisa klik tombol hijau berikut ini:

manfaat buku Bisnis Online Milyaran

 

By Charly Buchari

Praktisi asuransi kerugian (non life) syariah yang sedang menekuni ekonomi syariah, internet marketing, manajemen keuangan keluarga dan aset produktif seperti emas, properti, wirausaha dan bisnis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.