Phising memang bikin pusing

Selasa (28/6/2012) lalu saya menerima email dari perusahaan web hosting blog milik saya ini yang isinya adalah blog saya ini telah meng-install program phising, ha?!? perasaan pipis gue gak bau phising tuh! Lagian kenapa juga perusahaan web hosting ngurusin pipis gue! Hehehe… gue bercanda doang kok hehe… peace ya! *ancungin dua jari*

Dalam pemberitahuan email itu, saya direkomendasikan untuk mereset web host saya karena sebelumnya blog ini juga pernah di suspend gak bisa diakses karena kasus yang sama. Di kasus pertama saya hanya menghapus plug-in yang terindikasi program phising tersebut. Tapi untuk yang kedua ini dari pada pusing kena suspend lagi, mending saya remove aja deh CMS blog-nya udah itu di-install ulang. Alhasil, beberapa tulisan sebelumnya hilang. Sebenarnya tidak hilang karena memang saya sempat mem-back up tulisan tersebut.

Jadi, lagi-lagi blog ini seperti baru lagi šŸ™‚ setelah dua kali harus install ulang karena yang pertama di-hack orang šŸ™ Tapi, ada pelajaran yang bisa diambil, minimal sudah lumayan bisa install-remove-setting CMS blognya hehehe…

Penasaran juga sih dengan si phising itu apaan, jadi tanya-tanya deh sama oom google ketemu juga tulisan sederhana yang membahas tentang phising. Saya kutip pengertiannya dari blog ini.

Phishing adalah suatu bentuk penipuan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi sensitif, sepertiĀ password dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah pesan komunikasi elektronik, sepertiĀ e-mail atau pesan instan.

Kegiatan phising juga akan menggunakan banyak cara yang meyakinkan orang lain untuk menyerahkan informasi rahasianya seperti nama, no telpon, kartu kredit dan lainnya. Cara yang paling sering adalah membuat tampilan mirip dengan website resmi bank atau merchant kartu kredit. Jadi, untuk terhindar dari pencurian identitas ini diharapkan kita berhati-hati dengan melihat alamat website (URL) apakah benar-benar dari bank atau merchant yang legal.

Balik lagi, karena untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pembaca blog ini, mungkin beberapa tulisan lawas saya tidak akan saya upload ulang karena dikhawatirkan disisipkan beberapa link dari luar yang dapat meng-install program yang terindikasi phising secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *