Perkiraan Harga Emas 2012

Walaupun 2012 sudah lewat 12 hari, tidak ada salahnya juga kan kita membahas perkiraan harga emas beberapa lembaga keuangan dunia di tahun 2012. Ada sekitar 6 lembaga keuangan dunia yang mengeluarkan release perkiraan harga emas rata-rata di 2012. Lembaga tersebut adalah UBS, Morgan Stanley, BNP Paribas, SEB Merchant Bank, TD Securities dan Barclays Capital. Data-data perkiraan ini disimpulkan pada sebuah tulisan di kitco.com yaitu sebuah situs acuan tentang logam mulia. Berikut adalah perkiraan harga emas tersebut:

  • UBS membuat perkirakan harga emas akan mencapai angka $ 2.050 per troy ounce atau sekitar Rp 606.363 per gram (kurs Rp 9.200 per dollar).
  • Morgan Stanley membuat perkiraan harga emas rata-rata sekitar $ 2.200 per troy ounce atau Rp 650.731 per gram (kurs Rp 9.200 per dollar).
  • BNP Paribas menetapkan angka $ 1.775 per troy ounce untuk emas atau sekitar Rp 525.022 per gram (kurs Rp 9.200 per dollar).
  • SEB Merchant Bank punya prediksi emas akan berada di $ 2.050 per troy ounce atau setara dengan Rp 606.363 per gram emas (kurs Rp 9.200 per dollar).
  • TD Securities memiliki perkiraan harga emas akan bertengger di posisi $ 1.855 per troy ounce emas atau sekitar Rp 548.685 per gram (kurs Rp 9.200 per dollar).
  • Barclays Capital menyebutkan angka $ 2.075 per troy ounce yang akan dicapai emas setara dengan Rp 613.758 per gram (kurs Rp 9.200 per dollar).

Angka prediksi di atas memang disampaikan dalam mata uang US dollar dan satuan troy ounce. Fluktuasi mata uang Rupiah itu sendiri juga memiliki kans fluktuasi terhadap mata uang US dollar, jadi konversi dalam mata uang itu juga akan berubah.

Bagi saya, perkiraan harga emas itu bisa dijadikan penguat kesimpulan yang diyakini bahwa sepanjang waktu, daya beli mata uang fiat–entah itu US Dollar, Rupiah atau mata uang negara lainnya–terus akan menurun. Sedangkan emas sebagai logam mulia akan tetap memberikan nilai tetap sampai kapanpun.

Angka prediksi itu juga dapat dijadikan dasar bagi para penabung emas yang ingin mendapatkan harga yang cukup masuk akal. Jika rata-rata harga emas perkiraan dari 6 lembaga keuangan itu sekitar Rp 591.820 per gram, maka jika harga emas saat ini masih dibawah angka tersebut, maka setidaknya harga beli kita ini masih dipersepsikan masih cukup “murah” untuk tahun ini. Tapi, pendapat ini masih dapat diperdebatkan karena prediksi lembaga keuangan itu sendiri masih dilingkupi banyak faktor dan bukan suatu kepastian.

By Charly Buchari

Praktisi asuransi kerugian (non life) syariah yang sedang menekuni ekonomi syariah, internet marketing, manajemen keuangan keluarga dan aset produktif seperti emas, properti, wirausaha dan bisnis.

2 comments

    1. Mata uang fiat–Dollar, Rupiah, Ringgit, Euro dan sejenisnya–akan mengalami penurunan daya beli atau lebih gampang akan terkena inflasi. Emas (dinar) sendiri secara fitrah sebagai alat tukar yang adil dan secara historis pun terbukti anti-inflasi ­čÖé

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.