Pengalaman Menabung Emas di M-Dinar

menabung emas di m-dinarSaya pernah berjanji untuk membangi pengalaman menabung emas di m-dinar pada beberapa tulisan saya di blog ini. Alhamdulillah janji itu akhirnya terealisasi saat ini 🙂 Saya pribadi dan mungkin sebagian besar dari anda sudah sangat biasa menabung atau berinvestasi emas dengan cara jual dan beli emas. Jadi, apa bedanya dengan menabung emas di m-dinar dengan jual beli emas yang konvensional tersebut? Nah, ini yang akan saya sampaikan pada tulisan kali ini dan juga pengalaman saya setelah kurang lebih 3 tahun hingga saat ini memanfaatkan fasilitas menabung emas m-dinar ini sebagai salah satu tempat andalan saya.

Apa Beda Menabung Emas Di M-Dinar Dengan Menabung Emas Biasa?

Sebelumnya saya akan sampaikan apa sih sebenarnya m-dinar itu? M-Dinar adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh GeraiDinar untuk para nasabah BMT Daarul Muttaqqiin secara online. Jadi, nasabah BMT dapat menabung emas atau lebih tepatnya dalam dinar emas secara online. Biasanya, jika ingin menabung uang ke bank, kita menyetor uang. Sama dengan kegiatan tersebut saat kita menyetor uang maka jumlah uang yang kita setor tersebut akan dikonversikan ke nilai satuan dinar emas. Misal, saya punya uang Rp 1 Juta Rupiah, dan menyetorkan ke tabungan m-dinar saya. Pada saat tersebut harga 1 dinar emas adalah Rp 2 Juta, sehingga uang setoran tabungan m-dinar tersebut langsung dikonversikan ke dinar emas menjadi 0,5 dinar.

Keuntungannya adalah berapapun uang yang saya setorkan akan langsung dikonversikan ke dinar emas, dan ini lebih fleksibel jika dibandingkan membeli emas biasa karena saat membeli emas kita harus menyiapkan uang minimal sebesar nilai satuan cetak emas. Misal, kita ingin membeli pecahan emas LM 5 gram yang harganya Rp 2,5 Juta, maka saya perlu menyiapkan uang 2,5 juta untuk mendapatkannya. Sebelum sampaik 2,5 Juta saya harus menunggu dan menabung sampai uang saya mencukupi.

Jika anda pernah mendengar tentang mekanisme pool account dalam menabung emas, maka tabungan m-dinar ini serupa dengan sistem pool account tersebut. Bedanya adalah jika pool account menggunakan satuan gramasi emas sedangkan m-dinar menggunakan dinar sebagai satuannya. M-Dinar dan sistem pool account dibuat untuk mempermudah para nasabah untuk melakukan pembelian emas atau dinar emas walaupun belum sampai satuan emas yang diinginkan.

Jika anda ingin menjual emas, anda tinggal datang ke toko emas dan menjualnya. Di m-dinar, anda juga cukup sederhana melakukannya tetapi hanya dilakukan secara online. Anda bisa melakukan konversi ke rupiah nilai dinar yang akan dijual lalu melakukan penjualan, dan dana anda akan dikirimkan langsung ke rekening yang anda siapkan. Saya pernah melakukan konversi nilai m-dinar ke rupiah cukup besar dan Alhamdulillah cukup gampang dan mudah.

M-Dinar adalah fasilitas yang disiapkan secara online oleh BMT Daarul Muttaqqiin dan GeraiDinar yang digagas dan dijalankan oleh praktisi ekonomi islam yaitu Bapak Muhaimin Iqbal. Saya pribadi mengenal beliau karena beliau pernah berkiprah lama di industri keuangan yang saat ini saya geluti. Beberapa pemikiran beliau dan keinginan beliau untuk menjadikan Al-quran sebagai panduan untuk melakukan kegiatan ekonomi yang diwujudkan dalam beberapa proyek menginspirasi saya. Banyak proyek-proyek ekonomi berbasis Al-quran yang sudah beliau dan tim wujudkan dan saya ikut dalam beberapa proyek beliau. Tujuannya sederhana, saya ingin melakukan kegiatan ekonomi saya sesuai dengan panduan Al-qur’an dan mendapatkan pahala atas kegiatan tersebut. Keberkahan atas hasilnya insyaallah dapat menjadi kebaikan buat saya dan keluarga.

Keuntungan Unik Menabung Emas di M-Dinar

Menabung emas di m-dinar hampir sama dengan metode menabung emas lainnya. Di akhir bulan atau awal bulan berikutnya, saya biasa menerima bagi hasil dalam satuan dinar juga ke akun m-dinar. Karena, dana yang saya endapkan di tabungan m-dinar tersebut dikelola oleh manajemen BMT Daarul Muttaqqiin dalam jual beli dinar di GeraiDinar. Dan, saat ada keuntungan dana tersebut akan dibagikan kepada nasabah pemilik akun m-dinar dan pengelola. Apakah setiap bulan? jawabannya tidak. Karena selama 3 tahun saya menabung di m-dinar, saya pernah 1 bulan tidak menerima bagi hasil karena pada saat itu tidak ada keuntungan yang direalisasikan.

Sistem pool account yang saya kenal belum ada yang memberikan fasilitas bagi hasil emas. Bahkan, kita harus mengeluarkan biaya tambahan jika ingin mencetak dalam pecahan tertentu. Misalnya, saat anda sudah memiliki tabungan pool account sebesar 25 gram dan ingin mencetak dalam 1 keping LM 25 gram, maka kita harus membayar nilai rupiah tertentu untuk mencetaknya.

Menabung emas di m-dinar sejatinya tidak hanya menabung emas tetapi juga memproduktifkan tabungan emas tersebut. Inilah keuntungan uniknya. Selain dikelola oleh manajemen yang berkomitmen untuk melakukan kegiatan ekonomi dengan berpanduan kepada Al-qur’an dan mencotoh kegiatan ekonomi Islam di zaman dulu, dan memberikan manfaat yang insyaallah halal. Saya merekomendasikannya bagi anda.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan kemudahan atas informasi kegiatan-kegiatan bisnis lain yang dikembangkan oleh Bapak Muhaimin Iqbal dan timnya. Jika anda berminat untuk menjadi pemodal atau ingin dana anda dikelola dalam beberapa kegiatan bisnis tersebut, maka dana bisa langsung didebit dari rekening m-dinar anda.