Pengalaman Menabung Emas di M-Dinar

menabung emas di m-dinarSaya pernah berjanji untuk membangi pengalaman menabung emas di m-dinar pada beberapa tulisan saya di blog ini. Alhamdulillah janji itu akhirnya terealisasi saat ini 🙂 Saya pribadi dan mungkin sebagian besar dari anda sudah sangat biasa menabung atau berinvestasi emas dengan cara jual dan beli emas. Jadi, apa bedanya dengan menabung emas di m-dinar dengan jual beli emas yang konvensional tersebut? Nah, ini yang akan saya sampaikan pada tulisan kali ini dan juga pengalaman saya setelah kurang lebih 3 tahun hingga saat ini memanfaatkan fasilitas menabung emas m-dinar ini sebagai salah satu tempat andalan saya.

Apa Beda Menabung Emas Di M-Dinar Dengan Menabung Emas Biasa?

Sebelumnya saya akan sampaikan apa sih sebenarnya m-dinar itu? M-Dinar adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh GeraiDinar untuk para nasabah BMT Daarul Muttaqqiin secara online. Jadi, nasabah BMT dapat menabung emas atau lebih tepatnya dalam dinar emas secara online. Biasanya, jika ingin menabung uang ke bank, kita menyetor uang. Sama dengan kegiatan tersebut saat kita menyetor uang maka jumlah uang yang kita setor tersebut akan dikonversikan ke nilai satuan dinar emas. Misal, saya punya uang Rp 1 Juta Rupiah, dan menyetorkan ke tabungan m-dinar saya. Pada saat tersebut harga 1 dinar emas adalah Rp 2 Juta, sehingga uang setoran tabungan m-dinar tersebut langsung dikonversikan ke dinar emas menjadi 0,5 dinar.

Keuntungannya adalah berapapun uang yang saya setorkan akan langsung dikonversikan ke dinar emas, dan ini lebih fleksibel jika dibandingkan membeli emas biasa karena saat membeli emas kita harus menyiapkan uang minimal sebesar nilai satuan cetak emas. Misal, kita ingin membeli pecahan emas LM 5 gram yang harganya Rp 2,5 Juta, maka saya perlu menyiapkan uang 2,5 juta untuk mendapatkannya. Sebelum sampaik 2,5 Juta saya harus menunggu dan menabung sampai uang saya mencukupi.

Jika anda pernah mendengar tentang mekanisme pool account dalam menabung emas, maka tabungan m-dinar ini serupa dengan sistem pool account tersebut. Bedanya adalah jika pool account menggunakan satuan gramasi emas sedangkan m-dinar menggunakan dinar sebagai satuannya. M-Dinar dan sistem pool account dibuat untuk mempermudah para nasabah untuk melakukan pembelian emas atau dinar emas walaupun belum sampai satuan emas yang diinginkan.

Jika anda ingin menjual emas, anda tinggal datang ke toko emas dan menjualnya. Di m-dinar, anda juga cukup sederhana melakukannya tetapi hanya dilakukan secara online. Anda bisa melakukan konversi ke rupiah nilai dinar yang akan dijual lalu melakukan penjualan, dan dana anda akan dikirimkan langsung ke rekening yang anda siapkan. Saya pernah melakukan konversi nilai m-dinar ke rupiah cukup besar dan Alhamdulillah cukup gampang dan mudah.

M-Dinar adalah fasilitas yang disiapkan secara online oleh BMT Daarul Muttaqqiin dan GeraiDinar yang digagas dan dijalankan oleh praktisi ekonomi islam yaitu Bapak Muhaimin Iqbal. Saya pribadi mengenal beliau karena beliau pernah berkiprah lama di industri keuangan yang saat ini saya geluti. Beberapa pemikiran beliau dan keinginan beliau untuk menjadikan Al-quran sebagai panduan untuk melakukan kegiatan ekonomi yang diwujudkan dalam beberapa proyek menginspirasi saya. Banyak proyek-proyek ekonomi berbasis Al-quran yang sudah beliau dan tim wujudkan dan saya ikut dalam beberapa proyek beliau. Tujuannya sederhana, saya ingin melakukan kegiatan ekonomi saya sesuai dengan panduan Al-qur’an dan mendapatkan pahala atas kegiatan tersebut. Keberkahan atas hasilnya insyaallah dapat menjadi kebaikan buat saya dan keluarga.

Keuntungan Unik Menabung Emas di M-Dinar

Menabung emas di m-dinar hampir sama dengan metode menabung emas lainnya. Di akhir bulan atau awal bulan berikutnya, saya biasa menerima bagi hasil dalam satuan dinar juga ke akun m-dinar. Karena, dana yang saya endapkan di tabungan m-dinar tersebut dikelola oleh manajemen BMT Daarul Muttaqqiin dalam jual beli dinar di GeraiDinar. Dan, saat ada keuntungan dana tersebut akan dibagikan kepada nasabah pemilik akun m-dinar dan pengelola. Apakah setiap bulan? jawabannya tidak. Karena selama 3 tahun saya menabung di m-dinar, saya pernah 1 bulan tidak menerima bagi hasil karena pada saat itu tidak ada keuntungan yang direalisasikan.

Sistem pool account yang saya kenal belum ada yang memberikan fasilitas bagi hasil emas. Bahkan, kita harus mengeluarkan biaya tambahan jika ingin mencetak dalam pecahan tertentu. Misalnya, saat anda sudah memiliki tabungan pool account sebesar 25 gram dan ingin mencetak dalam 1 keping LM 25 gram, maka kita harus membayar nilai rupiah tertentu untuk mencetaknya.

Menabung emas di m-dinar sejatinya tidak hanya menabung emas tetapi juga memproduktifkan tabungan emas tersebut. Inilah keuntungan uniknya. Selain dikelola oleh manajemen yang berkomitmen untuk melakukan kegiatan ekonomi dengan berpanduan kepada Al-qur’an dan mencotoh kegiatan ekonomi Islam di zaman dulu, dan memberikan manfaat yang insyaallah halal. Saya merekomendasikannya bagi anda.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan kemudahan atas informasi kegiatan-kegiatan bisnis lain yang dikembangkan oleh Bapak Muhaimin Iqbal dan timnya. Jika anda berminat untuk menjadi pemodal atau ingin dana anda dikelola dalam beberapa kegiatan bisnis tersebut, maka dana bisa langsung didebit dari rekening m-dinar anda.

18 thoughts on “Pengalaman Menabung Emas di M-Dinar

    1. sama-sama distro herbal 🙂
      kalo sudut pandangnya adalah dinar sebagai komoditas, maka bisa jual-beli dinar dengan menggunakan uang rupiah misalnya. Beli lalu jual lagi dengan menerapkan margin, atau bisa juga beli lalu tahan sampe harga di atas harga saat beli sehingga ada keuntungan saat dijual.
      bagi saya sendiri dinar adalah alat simpan saja, tidak lagi dijadikan sebagai obyek jual-beli. Jadi, nabungnya dalam bentuk dinar dan/atau emas, sehingga nilainya terjaga saat dibutuhkan nanti.

    1. Waalaikumussalam bu, sama-sama ibu Ninik 🙂 senang sekali mendengarkannya. Silahkan di-share dan dibagikan kepada siapa saja yang barangkali bisa mendapatkan manfaatnya juga.

  1. Kan kalo menabung di Dinar, itu sistemnya bagi hasil ya? itu contoh bagi hasilnya kaya gimana ya? apa ada biaya lain selagi kita menabung di m dinar? saya masih kurang paham.. terus misalkan saya ada 4.5 dinar, dengan nilai dinar 2juta per 1 dinar ( real time ) .. apakah di m dinar bisa dicairkan seluruh nya? jadi saya ingin mencairkan 4.5 dinar menjadi 9 juta.. karna saya tertarik juga ingin menabung menggunakan dinar utk jangka waktu 3 sd 5 tahun..

    1. Menabung dinar intinya hanya menjaga nilai saja pak Deni. Misalkan pak Deni beli 4,5 dinar di harga 2 juta per dinarnya. Nanti beberapa waktu ke depan harga dinar bisa turun dan naik mengikuti harga emas biasanya. Harga emas biasanya mengikuti inflasi, jadi di waktu ke depan saat inflasi tinggi maka biasanya emas juga akan naik mengikutinya.
      Jadi Rp 9 juta dalam bentuk dinar emas (senilai 4,5 dinar) akan terjaga daya belinya di 3 hingga 5 tahun ke depan, walaupun dalam rupiah nilainya bisa lebih dari Rp 9 juta.
      Beberapa pakar keuangan mencontohkan kasus. Misal: harga 1 ekor kambing domba saat ini Rp 2 Juta atau 1 dinar emas. Saat 3 hingga 5 tahun ke depan dengan 1 dinar emas yang kita miliki masih bisa membeli 1 ekor kambing domba pada saat itu walaupun harganya mungkin sudah di atas Rp 2 juta.
      Jadi, dinar emas itu akan menjaga nilai beli kita pak.
      Untuk kasus m-dinar, bagi hasil dinar emas karena memang dinar emas yang kita tabung tersebut diproduktifkan dalam usaha yang dikelolanya. Dan, memungkinkan memberikan bagi hasil. Jadi, bagi saya pribadi itu adalah “bonus” pak 🙂

      1. Wah masya Allah.. Makasih yaa penjelasannya.. Jadi kalo kita nabung dinar, bisa aja tiba tiba nilai dinar kita nambah sedikit demi sedikit yaa walau kita ga merasa setor.. Alias dpt bonus dr m dinar nya.. Wah untung yaa.. Tapi itu dalam jangka waktu yg panjang..

        Emang iya sih karna inflasi, harga gorengan tahun 2008 Rp. 500 perak sebiji, sekarang 2016 jadi Rp. 1500 perak sebiji.. Makanya kalo kita nabung uang di bank, makin lama disimpan uang nya, daya beli uang yg kita tabung makin lemah gitu yaa akibat inflasi.. Beda dgn dinar, dari 1400thn yg lalu, 1 dirham bisa beli 1 kambing, sampe sekarang sama saja bisa beli 1 kambing dgn 1 dinar.. Makasih mas penjelasannya.. Ini saya barusan aja langsung buka rekening tabungan dinar di Gerai Dinar di depok kebetulan dkt dgn rumah.. Hehe walau setornya pake setoran awal 0.25 dinar.. Tp Gerai Dinar ini aman kan ya??

        1. Sama-sama pak Deni 🙂 kebetulan saya sudah cukup lama dan Alhamdulillah merasa nyaman aja selama ini menabung dinar emas di sana. Saya malah ikut beberapa project yang digagas oleh geraidinar group lainnya 🙂

  2. Aslkm Pak, saya baru dengan dan baru lihat web dinnarnya. namun tidak mengerti, saya dftrkan account, dan saya tidak tau apa yang harus diperbuat. kalo di forex itu kan saya deposit, kemudian ada buy n sell. kalo ini gimana pak langkah awalnya?

    1. Waalaikumussalam pak Novi, bapak tinggal masuk ke alamat https://new.m-dinar.com/ lalu disana ada tombol Daftar, dan di bawah tombol itu juga ada langkah-langkah pendaftaran yang perlu dilakukan, tinggal diikutin aja pak ^_^ ada beberapa data yang harus disiapkan dan dikirim ke geraidinar-nya. Pastikan saja memasukan data yang valid, nomor hp dan email yang aktif. Karena semua verifikasi menggunakan nomor HP dan email bapak. Disana juga ada nomor telpon yang bisa memandu bapak lebih jelas jika diperlukan.
      Setelah proses pendaftaran selesai, sederhananya bapak akan mengirimkan uang untuk dikonversi menjadi dinar emas sesuai dengan harga yang berlaku saat bapak bertransaksi, nomor rekeningnya juga akan diberitahu oleh pihak gerai dinarnya. Dan, ini juga berlaku jika bapak mau mengkoversikan dinar emas bapak menjadi rupiah.
      Yang pasti ini menabung emas dinar pak, sebagaimana halnya menabung rupiah tapi untuk m-dinar berbentuk satuan dinar emas. Saya tidak punya pengalaman dengan forex jadi saya tidak bisa membandingkannya dengan sistem forex pak ^_^

    1. tergantung harga dinar/emas dunia yang berlaku mas Ari. Jika kebetulan pada hari ini misalkan 1 dinar di harga Rp 2 juta, maka 0,25 dinar sekitar Rp 500 ribu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *