Pertimbangan Menjual Logam Mulia ANTAM Cetakan Lama

By | 14 March 2013

Logam Mulia ANTAM memang satu-satunya jenis Logam Mulia yang bersertifikasi LBMA dan diakui dunia, tapi prinsipnya, emas adalah emas yang dinilai bukan sertifikatnya namun kadar emasnya itu sendiri. Tapi, saat kita akan menjual Logam Mulia Antam kita ada beberapa pertimbangan yang perlu di lihat, bagi saya pribadi ada beberapa hal, yaitu:

Logam Mulia Antam cetakan lama apalagi yang masih dicetak dalam bentuk landscape (melintang) dihargai lebih rendah dari cetakan yang lebih baru. Pada prinsipnya, semua Logam Mulia bersertifikat ANTAM adalah emas dengan kadar yang terjamin karena memang tersertifikasi LBMA. Jadi, seperti apapun bentuk emasnya, tahun berapapun cetakan emasnya, dan merupakan Logam Mulia yang bersertifikat ANTAM dan tidak ada potongan atau patahan pada fisik Logam Mulia tersebut, dapat disimpulkan Logam Mulia Antam itu memiliki harga yang sama.

Karena biasanya para konsumen dan penabung Logam Mulia Antam lebih senang dengan Logam Mulia Antam cetakan baru, maka Logam Mulia Antam cetakan lebih lama dihargai lebih murah. Oleh ANTAM, Logam Mulia yang di-buyback akan dilebur kembali dan dicetak kembali dengan model yang lebih baru. Jadi, harga buyback acuan untuk yang akan menjual Logam Mulia Antam-nya, bisa dilihat di www.logammulia.com. Biasanya, toko emas juga akan membeli Logam Mulia Antam dengan harga yang lebih tinggi dari harga buyback ANTAM, tetapi lebih memprioritaskan Logam Mulia Antam dengan cetakan-cetakan lebih baru. Untuk Logam Mulia Antam cetakan lama akan dinilai lebih rendah sebesar Rp 1.000 hingga Rp 10.000 per gram-nya *waadduuuh…jauh juga ya*

logam mulia antam lama sebaiknya dijual kemana?

Nasehat dari Rully Kustandar praktisi emas adalah jika ada Toko Emas  yang tidak mau membeli, cari toko emas lainnya, jika harganya lebih rendah cari Toko Emas yang mau membeli lebih tinggi. Sesederhana itu saja masukan beliau. Jika, memang nilai buyback ANTAM sudah cukup relevan dan masuk akal dengan persepsi harga yang kita inginkan, tidak salahnya juga langsung menjual ke ANTAM.

Punya ide lain dan praktik lain untuk mengoptimalkan harga Logam Mulia Antam cetakan lama? silahkan berbagi disini untuk menginspirasi yang lain. Ilmu yang bermanfaat termasuk amal jariyah juga lho 😉

2 thoughts on “Pertimbangan Menjual Logam Mulia ANTAM Cetakan Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.