Cara Menghitung Kebutuhan Emas Biaya Pendidikan

By | 18 October 2011

Dari artikel sebelumnya, kita mendapatkan nilai masa depan biaya pendidikan, dari data ini kita akan melangkah ke tahap berikutnya yaitu menentukan alternatif instrumen investasi yang akan digunakan. Tentu saja emas (LM) menjadi alternatif pilihan yang masuk akal setelah bisnis, walaupun juga ada bentuk investasi lainnya. Kali ini kita akan menghitung kebutuhan emas untuk biaya pendidikan.

menghitung kebutuhan emas

Setelah mendapatkan nilai total biaya pendidikan saat ini, konversi langsung dengan harga emas saat ini juga untuk tahu kebutuhan emas-nya. Misalkan, untuk pendidikan dasar di SD akan menghabiskan total biaya Rp 76,2 Juta dengan mengambil harga emas (LM) saat ini di angka Rp 521.500 maka total emas yang dibutuhkan 146,11 gram atau dibulatkan ke atas sekitar 147 gram LM. Jika dalam waktu 5 tahun kedepan akan dibutuhkan, maka setiap tahun dibutuhkan usaha untuk mengumpulkan emas sebanyak 30 gram per tahun atau sekitar 3 gram per bulan.

Dari sebuah simulasi pendidikan anak yang berusia 1 tahun saat ini dengan jenjang tingkat pendidikan dari playgroup (PAUD) hingga S2 kurang lebih menghabiskan total biaya sebesar Rp 482,3 Juta (nilai saat ini) dan total biaya masa depannya untuk seluruh nilai tersebut yang disesuaikan dengan waktunya dan asumsi kenaikan 15% per tahun adalah Rp 4,96 Milyar. Nilai kebutuhan emas untuk keseluruhan tingkat pendidikan tersebut adalah 925 gram, dan setiap setahun harus mengumpulkan 94 gram atau sekitar 11 gram per bulannya.

Kebutuhan emas yang harus dikumpulkan setiap tahun atau bulan ini akan terus membesar jika usia sang buah hati semakin bertambah, kebutuhan emas yang perlu dikumpulkan setiap bulan untuk anak berusia 4 tahun akan lebih besar dibandingkan untuk anak berusia 1 tahun. Jadi, semakin cepat memulai menabung LM, maka akan semakin ringan terkait jumlah LM yang dikumpulkan. The faster is The better.

Ditulisan kedepannya, insyaallah kita akan bahas cara yang memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan emas pendidikan anak-anak kita. Salah satunya yaitu dengan cara mencicil emas, bagaimana teknisnya dan persyaratannya, insyaallah saya akan sampaikan di blog ini.

One thought on “Cara Menghitung Kebutuhan Emas Biaya Pendidikan

  1. Pingback: Pertimbangan Sebelum Mencicil Emas | Charly Buchari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.