Menghitung Dengan Standar Emas

By | 14 January 2013

Metode sederhana yang dapat digunakan untuk mengukur keuangan keluarga adalah menggunakan standar emas. Emas yang dikenal sebagai standar zero inflation (inflasi nol) diterangkan dengan riwayat harga kambing selalu dapat ditebus dengan harga 1 dinar emas (4,25 gram emas 22) sejak sekitar 14 abad lalu hingga saat ini. Dengan riwayat yang tersurat dalam hadist Rasulullah SAW ini, menunjukkan bahwa emas–dalam hal ini dinar emas–memiliki kekuatan intrinsik yang kuat untuk menjaga daya beli kita, dan memenuhi persyaratan sebagai standar pengukuran.

Mengukur dengan menggunakan standar emas, memerlukan data harga emas setiap periode yang kita butuhkan. Dan, kegiatan mengumpulkan data harga historis emas ini sudah dipermudah oleh beberapa lembaga dan penggiat emas di Indonesia, misalnya saja aplikasi KebunEmas dari Rully Kustandar yang bisa ditemukan untuk perangkat berbasis android dan perangkat pabrikan apple, bisa juga data yang diterbitkan secara berkala oleh www.gold.org walaupun masih dalam satuan troy ounce, namun sudah memuat kurs nilai rupiah disana.

aplikasi konversi uang fiat ke standar emas

Saat ini, Gerai Dinar yang digagas oleh Muhaimin Iqbal juga menyediakan fasilitas Dinar Calculator, yaitu menghitung harga konversi mata uang fiat (misalnya rupiah, dollar dan lainnya) ke dinar pada tahun tertentu dan juga sebaliknya. Secara umum aplikasi ini mempermudah kita untuk menerapkan standar emas pada pendapatan yang kita dapat. Dengan aplikasi tersebut, kita bisa mengetahui berapa dinar untuk 1 juta rupiah pada tahun 1999 atau sebaliknya mengetahui 1,3 dinar pada tahun 2003 setara dengan berapa rupiah.

Data dan aplikasi ini dapat kita gunakan untuk mengetahui apakah pendapatan, harta, dan lainnya yang dimiliki keluarga tersebut–yang biasanya dalam mata uang fiat–tidak berkurang oleh inflasi atau malah berkurang. Contoh yang paling sederhana adalah pendapatan atau gaji kita. Misalnya, seorang teman mulai bekerja sekitar tahun 2005 dengan gaji sekitar 2 Juta Rupiah, dengan menggunakan kalkulator dinar ini, uang 2 juta rupiah itu setara 3,2862 Dinar.

Saat ini (2013) angka 3,2862 dinar tersebut setara dengan 7,5 juta rupiah. Dan, ini berarti kalo diukur dalam standar emas, kita tidak akan mengalami naik gaji jika gaji saat ini 7,5 juta rupiah. Lebih parah jika didapatkan bahwa saat ini gaji teman saya tersebut malah dibawah 7,5 juta rupiah, itu artinya tidak ada peningkatan pendapatan sejatinya, malah berkurangnya kemampuan beli, walaupun secara rupiah naik. Dan, walaupun gaji naik hingga 3,5 kali lebih tetapi daya beli untuk kebutuhan sehari-hari misalnya terasa terus menurun.

Perangkat sederhana namun powerful ini bisa kita gunakan untuk menghitung dan memastikan apakah jerih payah kita benar-benar memberikan hasil yang sepadan atau belum. Dan, lebih bersiap diri untuk menjaga harta kita agar mencukupi untuk kebutuhan keluarga kita di masa kini dan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.