Memulai (Lagi) Papercraft

Istilah papercraft sendiri baru saya kenal beberapa bulan belakangan ini, dan ternyata tidak berbeda dengan apa yang pernah saya dan teman lakukan dulu. Sewaktu SMU seorang teman memperkenalkan ke saya majalah ANGKASA, sebuah majalah yang membahas semua terkait pesawat, mulai dari pesawat tempur, komersial, teknologi, profesi pilot dan lainnya.

Yang paling menarik dari sekian banyak rubrik yang ada di majalah tersebut adalah pola model pesawat yang disisipkan pada bagian tengah majalah tersebut. Pembaca dapat menyalin/copy pola model tersebut pada kertas, digunting, dilipat-lipat, dilem dan taaaadaaaa….. maka jadilah sebuah pesawat 3 dimensi dari kertas yang keren! Untuk mempercantik model pesawat itu, memang harus mewarnainya dengan airbrush ataupun pewarnaan biasa seperti cat air dan lainnya.

Setelah hampir 13 tahun, kegemaran membuat model-model replika dari kertas ini mulai muncul lagi. Menyenangkan juga memulai kegiatan merakit pola model tersebut hingga menjadi banyak bentuk yang menarik. Model 3 dimensi yang atraktif ini memang sangat didukung oleh teknologi yang memang sudah lebih canggih dari zaman sekolah saya dulu.

Saat ini sudah ada teknologi cetak (printing) yang harganya sudah cukup terjangkau, sehingga mempermudah para pembuat model dalam menciptakan model-model kreatif dengan presisi ukuran yang baik.

Internet pun menjadi alat yang paling menyenangkan untuk mencari pola-pola model kertas ini, dengan hanya mengetikkan kata papercraft, papertoy, paper replica dan kata kunci sejenis lainnya.

Bagi para pemula (termasuk saya) yang ingin memulai kegiatan membuat model kertas ini, bisa bergabung di beberapa forum model yang sudah ada, dan di Indonesia kita dapat merujuk ke perikertas.com sebagai langkah awal. Dari sana, kita dapat “menjelajah” ke rekan-rekan lain yang memang memiliki ciri dan kreatifitas yang unik dalam mengembangkan papercraft.

Saya sendiri baru menyelesaikan 2 model papercraft dan sedang memproses yang ketiga. Target awal saya adalah membiasakan diri kembali dan menikmati prosesnya, walaupun begitu hasilnya sendiri bagi pemula seperti saya sudah cukup menyenangkan. Tentu saja saya akan narsis dengan memajangnya di sini 🙂 jadi tunggu saja ya yang ingin melihat karya papercraft saya di blog ini. Doakan saya ya 🙂

2 thoughts on “Memulai (Lagi) Papercraft

  1. Menarik sekali. Bagaimana ya mendapatkan edisi majalah Angkasa yang memuat berbagai model paper craft. Bisa dapat informasinya.

    Terima kasih

    1. biasanya kalo untuk dapat majalah edisi lama, bisa menghubungi langsung ke sirkulasi majalah Angkasa-nya langsung atau para kolektor tentunya. ada para kolektor majalah disini? Tapi kalo memang ingin mendapatkan pola-pola baru, bisa googling aja…karena cukup banyak. tinggal ketik papercraft f-19 atau jenis pesawat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *