kartu kredit syariah dan debit syariah

Kartu Kredit Syariah

Anda yang berkomitmen untuk menggunakan fasilitas keuangan syariah dalam kehidupan kesehariannya, Alhamdulillah saat ini semakin dipermudah. Karena sudah cukup banyak institusi keuangan syariah yang memberikan fasilitas kemudahan dalam transaksi terkait keuangan sehari-hari yang menggunakan prinsip syariah. Dari perbankan, asuransi, pembiayaan atau kredit, koperasi (BMT) hingga gadai pun saat ini sudah memiliki prinsip syariahnya masing-masing.

kartu kredit syariah dan debit syariahSaya sendiri Alhamdulillah sudah membiasakan diri untuk mengutamakan fasilitas keuangan syariah dari pada sistem yang non syariah. Untuk transaksi keuangan perbankan, saya sudah menggunakan fasilitas dari 3 bank syariah, yaitu BNI Syariah, BRI Syariah dan Danamon Syariah. Asuransi umum yang saya gunakan adalah produk dari BUMIDA Syariah. Saya juga memiliki tabungan dinar emas di BMT Daarul Muttaqiin juga melakukan kerjasama dengan unit bisnis yang dikelola oleh BMT tersebut. Dan, jika Anda membaca beberapa tulisan saya di blog ini, Anda akan menemukan bahwa saya sering datang ke Pegadaian Syariah untuk menabung emas. Sedangkan untuk pembiayaan atau kredit, saat ini saya menggunakan fasilitas kartu kredit syariah dari BNI Syariah atau yang lebih dikenal sebagai Hasanah Card.

Ini penampakan kartu-kartu syariah saya 😉 Ada 3 kartu debit/ATM dari Danamon Syariah, BNI Syariah dan BRI Syariah, juga ada 1 kartu kredit syariah dari BNI Syariah atau Hasanah Card.

Untuk Tabungan dari Danamon Syariah dan BRI Syariah memang lebih banyak saya gunakan sebagai tempat dana tabungan dan cadangan harian saya, awalnya saya gunakan untuk kegiatan menabung dan mencicil emas saya. Karena di dua bank ini juga memiliki fasilitas mencicil emas disamping BNI Syariah dan juga BSM. Sedangkan tabungan BNI Syariah memang saya miliki sudah cukup lama dan dengan menggunakan fasilitas yang disediakan saya mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan pribadi. Ketiga bank syariah itu juga memiliki fasilitas SMS banking, Mobile banking dan internet banking juga kok. Sehingga saya cukup terbantu menggunakan fasilitas dari perbankan tersebut.

Hasanah Card, Kartu Kredit Syariah dari BNI Syariah

Selain dari kartu debit, kadangkala saya membutuhkan fasilitas kartu kredit juga. Saat membeli tiket pesawat, penginapan, membeli buku atau barang lain secara online (terutama dari luar negeri), membayar tagihan office 365 hingga memasang iklan di facebook atau mengisi saldo paypal dan neteller. Maka, kartu kredit begitu akan mempermudah. Dulu saya punya kartu kredit dari BRI tetapi akhirnya saya tutup karena memang waktu itu saya masih pede dengan menggunakan kartu debit yang saya miliki dan belum memiliki kebutuhan banyak yang mempersyaratkan kartu kredit. Karena itu maka saya menutupnya untuk mengurangi fasilitas keuangan non syariah yang saya miliki.

Namun, saat kebutuhan itu muncul, maka saya kembali membutuhkan kartu kredit dan Alhamdulillah saya menemukan Hasanah Card yaitu kartu kredit syariah dari BNI Syariah. Saya mengajukan aplikasi fasiltias ini ke BNI Syariah di jalan Fatmawati Jakarta Selatan dan sejak 2014 saya kembali menggunakan kartu kredit syariah ini. Hingga saat ini, memang Hasanah Card adalah satu-satunya kartu kredit yang berprinsip syariah. Dulu pernah ada kartu kredit syariah dari Danamon Syariah, namun sudah tidak lagi dipasarkan.

Saya sendiri melihat Hasanah Card ini sebagai fasilitas dana talangan dan fasilitas pembayaran yang memudahkan. BNI Syariah memberikan talangan dana untuk saya untuk membeli barang atau jasa yang saya butuhkan. Misalnya, saya ingin membeli buku dari Amazon. Dengan menggunakan kartu kredit syariah ini, BNI Syariah menalangi pembayarannya dulu sejumlah nilai yang harus saya bayar. Jadi saya tidak langsung menggunakan uang pribadi saya tetapi uang BNI syariah dulu.

Fungsi kedua yaitu sebagai fasilitas pembayaran yang memudahkan. Karena metode pembayaran yang diterima oleh Amazon untuk negara Indonesia tersebut adalah hanya pembayaran via kartu kredit, maka saya dipermudah oleh fasiltias kartu hasanah card tersebut. Nah, dari fasilias kemudahan dan sistem yang diberikan oleh BNI Syariah tersebut, maka saya sebagai pengguna kartu hasanah card tersebut dikenakan biaya jasa. Jadi, kartu kredit syariah ini tidak mengenal bunga yang dibebankan ke pemegang kartu hasanah card ini.

Memang beberapa fasilitas kemudahan sebagai pemegang kartu kredit non syariah masih lebih baik dibandingkan fasilitas tambahan kartu ini. Misalnya, jika ada program diskon dari kartu kredit BNI untuk merchan tertentu, kadangkala tidak berlaku untuk hasanah card. Tapi, saya pribadi masih tidak begitu menjadikannya masalah karena saya merasa lebih nyaman karena memiliki fasilitas kartu kredit yang berprinsip syariah 😉

Untuk Anda yang ingin mempelajari dan mencari informasi lebih lanjut tentang kartu kredit syariah ini, Anda bisa mengunjungi halaman resminya di http://www.bnisyariah.co.id/produk/hasanah-card dan menghubungi layanan teleponnya jika perlu. Dan, bagi Anda yang memang ingin mendapatkan kartu kredit syariah ini, anda bisa mengajukannya ke formulir pendaftaran online-nya. Klik saja ke:

manfaat buku Bisnis Online Milyaran

Itu sharing saya tentang kartu kredit syariah yang saya miliki saat ini, ingin diskusi lebih jauh, silahkan isi di bagian komentar ya 🙂

 

2 thoughts on “Kartu Kredit Syariah

    1. Saat kartu saya diterima, saya tidak melakukan upaya apapun, hanya melengkapi data dan informasi yang sebenarnya ke pihak bank. Tidak ada prosedur lain yang saya lakukan, lalu pihak bank menghubungi saya untuk klarifikasi data dan mengirimkan kartu ke alamat saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *