Jual Beli Emas Dengan Sesama Penabung Emas Lebih Adil

jual beli emasJual beli emas yang paling gampang memang ke toko emas. Anda tinggal datang ke toko emas dan tawar-menawar berapa toko emas itu akan membeli emas yang anda miliki. Biasanya anda akan berharap emas anda akan diharga setinggi mungkin dan sebaliknya toko emas akan menawar dengan harga serendah mungkin. Ini berkebalikan saat anda membeli emas di awal kepemilikan emas anda. Anda akan bersusah payah menawar dan bernegosiasi agar harga lebih rendah dan toko emas akan menahan harga tidak turun bahkan mencoba untuk menaikannya. Untuk memudahkan, biasanya toko emas sudah mempunyai data harga beli dan harga jual untuk kegiatan jual beli emas harian mereka. Harga Jual artinya harga emas yang mereka tetapkan saat menjual ke konsumen, dan istilah Harga Beli menunjukkan harga yang dipatok toko emas untuk membeli emas dari konsumen. Misalnya, Harga Jual emas 10 gram di toko emas A adalah Rp 5.000.000 atau Rp 500.000 per gram-nya, ini artinya jika ada konsumen yang akan membeli emas 10 gram akan dikenakan harga Rp 5 juta. Jika toko tersebut menerapkan Harga Beli emas per gram Rp 490.000 per gram, berarti jika ada konsumen yang akan menjual emas 10 gram misalnya, akan dibeli oleh toko emas itu di harga Rp 4.900.000.

Prinsip Jual Beli Emas Para Penabung Emas

Kembali lagi dengan prinsip yang anda, saya dan semua penabung emas inginkan terkait harga jual beli emas ini, bahwa:

  1. Ingin menjual emas dengan harga setinggi mungkin, minimal di atas harga beli dari toko emas.
  2. Ingin membeli emas dengan harga serendah mungkin, minimal di bawah harga jual dari toko emas.

Karena patokannya harga emas dari publikasi toko emas tertentu, kita akan berusaha untuk mencari toko emas lain dan mulai membanding-bandingkan. “Koh, di toko emas seberang sono mau ngambil  5 juta, masak Kokoh cuma mau ambil 4,9 juta doangan.., tambahin dong Koh..!” (it’s sound familiar, right? :-)) Eh, jangan sampai kita terjebak dengan kebohongan karena ingin mendapat harga yang lebih tinggi. Nah, ada salah satu alternatif jual beli emas yang lebih adil menurut saya, yaitu melakukannya dengan sesama penabung emas. Gimana caranya?

Cara Jual Beli Emas Dengan Sesama Penabung Emas Yang Lebih Adil

Misalkan Saya ingin menjual emas 10 gram milik saya dan kebetulan pada saat yag sama Anda ingin membeli emas dengan pecahan yang sama. Kembali ke prinsip jual beli emas di atas: saya ingin menjual dengan harga setinggi mungkin, minimal di atas harga beli toko emas dan anda sebagai pembeli ingin mendaptkan harga serendah mungkin, minimal di bawah harga jual toko emas. Sampai disini bisa kebayang kan kalau kedua prinsip itu bisa dipenuhi jika Saya dan Anda melakukan transaksi? Eh… Jangan bayangin saya ya (hehehee….). Oke, kita lanjutin ya. Jika harga jual toko emas untuk pecahan tersebut Rp 5 Juta dan harga belinya sebesar Rp 4,9 Juta. Saya sebagai penjual ingin emas saya dihargai di atas Rp 4,9 Juta dan Anda sebagai pembeli ingin membeli di bawah Rp 5 Juta. Singkat cerita Saya dan Anda setuju dan sepakat harga jual beli emas pada angka Rp 4,95 Juta. Artinya, keinginan saya mendapatkan harga di atas Rp 4,9 Juta tercapai dan Anda sebagai pembeli ingin mendapatkan harga di bawah Rp 5 Juta pun terealisasi. Everybody happy, right? 🙂 Jadi, mungkin anda akan setuju dengan kesimpulan saya bahwa melakukan jual beli emas dengan sesama penabung emas itu lebih adil. 🙂