Harga Emas Turun Berapa Ya?

By | 12 August 2011

Seminggu terakhir ini saya ditanya oleh teman-teman: harga emas turun berapa ya? atau kira-kira dengan kenaikan super hebat emas belakangan ini, kapan ya turunnya? atau versi lainnya: menjelang lebaran atau setelah lebaran ini harga emas turun gak ya? Awalnya saya hanya menjawab diplomatis bahwa untuk jangka menengah dan panjang harga emas cenderung naik dan untuk jangka pendek misal di bawah 1 tahun cenderung berfluktuatif naik-turun. Rupanya jawaban ini tidak memenuhi harapan teman-teman saya ini. “Kalau itu sih saya sudah tahu.”

Untuk menjawab pertanyaan harga emas turun berapa dalam jangka pendek, saya kembali membuka data statistika yang saya dapat dari World Gold Council untuk melihat data historis dari tahun 1979 hingga Juni 2011 lalu.

Selama kurang lebih 32 tahun, saya mendapatkan pertumbuhan rata-rata bulanan untuk masing-masing tahun, pertumbuhan paling tinggi dan penurunan nilai paling rendah di masing-masing tahun tersebut. Beberapa indikator itu adalah sebagai berikut:

  • Rata-rata pertumbuhan harga (dalam Rupiah) emas setiap bulan  sejak Januari 1979 hingga Juni 2011 adalah 1,47%.
  • Rata-rata penurunan harga (dalam Rupiah) emas setiap bulan sejak Januari 1979 hingga Juni 2011 mencapai -7%.
  • Rata-rata kenaikan harga (dalam Rupiah) emas setiap bulan sejak Januari 1979 hingga Juni 2011 mencapai 1,52%.

Jadi, potensi rata-rata kenaikan harga emas (dalam Rupiah) setiap bulannya adalah 1,47%, namun memiliki kemungkinan harga emas turun hingga 7% dibandingkan harga bulan lalu dan juga masih memiliki kemungkinan naik hingga 1,52% dibandingkan harga bulan lalu. Ini adalah angka rata-rata dari Januari 1979 hingga Juni 2011, dan tentu saja bisa harga emas turun lebih dalam dari angka 7% dan mengalami pertumbuhan di atas 1,52% per bulannya.

Di Januari 1998, harga emas pernah naik mencapai 109,03% dibandingkan harga Desember 1997 yang lebih banyak karena tekanan terhadap Rupiah dan tingginya atas permintaan emas saat krisis ekonomi tersebut, dan penurunan paling dalam mencapai -20,58% yaitu harga Oktober 1998 terhadap harga September 1997.

Jadi, saya masih berkesimpulan bahwa secara bulanan atau jangka pendek harga akan cenderung berfluktuatif naik dan turun. Jika, diambil asumsi data pertumbuhan harga emas dari Januari 1979 hingga Juni 2011 mewakili kondisi saat ini, maka setiap bulan memiliki potensi penurunan harga hingga 7% dan kenaikan harga emas 1,52% dalam Rupiah. Jadi, mungkin saja emas yang naik “menggila” ini akan turun sebesar 7% di bulan depan atau lebih dalam. Dan, tidak salah juga kita memperkirakan harga dapat merambat naik melebihi pertumbuhan 1,52%. Tapi, dengan angka rata-rata pertumbuhan bulanan sebesar 1,47% menunjukkan daya beli Rupiah kita terus turun sebesar angka tersebut.

4 thoughts on “Harga Emas Turun Berapa Ya?

  1. Bang Arman

    Pak,apakah kenaikan harga emas per tahun itu beda untuk emas (biasa) dan emas logam mulia,karena di artikel sebelumnya anda menulis bahwa kenaikan rata-rata logam mulia emas per tahunnya sebesar 25%. Mohon penjelasan. terimakasih.

    Reply
    1. Charly Buchari Post author

      Untuk harga emas dengan tingkatan karat yang berbeda akan memberikan harga yang berbeda juga, termasuk dengan pecahan berat logam mulianya juga. Tetapi, harga perhiasan emas, OLHO, koin emas dan lainnya akan mengacu kepada harga logam mulia tersebut, tentu terdapat reduksi sebesar nilai tertentu, tambahan ongkos buat dan tambahan pajak.

      Reply
  2. Bang Arman

    Seperti yg bpk tulis, kenaikan harga emas rata-rata per bulan adalah 1,47%; ini berarti per tahun 17,64%, masih djauh di bawah 25% per tahun untuk logam mulia pada artikel sebelumnya.

    Reply
    1. Charly Buchari Post author

      Angka 1,47% adalah pertumbuhan rata-rata per bulan pak, yang diambil dari Januari 1979 hingga Juni 2011. Tentu ada deviasinya, jika kita ambil rata-rata deviasi (seperti pada data yang disampaikan dalam artikel tersebut) kenaikannya 1,52% dan deviasi turun hingga 7% maka kemungkinan naiknya per bulan bisa 2,99% dan turunnya bisa mencapai 5,53%. Tentu, kita akan menemukan kenaikan di atas angka dan sebaliknya turun dibawah angka rata-rata tersebut. Tujuan artikel ini hanya menggambarkan keadaan jangka pendek, untuk data historis tahunan atau yang lebih lama, saya akan coba tuliskan dalam kesempatan lain 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.