GCA: Teknik Menabung Emas Sederhana

By | 25 August 2011

Dua hari belakangan harga emas cenderung turun (dan langka). Ada beberapa sahabat yang sumringah karena memilih untuk menahan dananya untuk membeli pada harga lebih rendah, dan ada juga yang cemberut karena membeli emas pada harga yang lebih tinggi pada hari ini. Nah, kalau harga hari ini menjadi lebih tinggi, tentu kita akan dihadapi dengan cerita yang berbeda. Yang sudah membeli akan senang dan yang belum membeli terus mendengus dan bimbang, “gimana ya beli sekarang atau tunggu turun lagi ya?”

Beberapa pelaku investasi, mereka menerapkan sebuah teknik menabung emas sederhana. Ada istilah DCA atau Dollar Cost Averaging yang kita kenal, ini adalah sebuah teknik investasi dengan mengalokasi sejumlah dollar pada sebuah bentuk investasi dalam jadwal yang tetap tanpa melihat pergerakan harga.

langkah teknik menabung emas GCA

Dalam teknik menabung emas, bisa kita namakan Gold Cost Averaging (GCA) bolehkan? ­čÖé Penerapan teknik menabung emas ini yaitu dengan cara membeli emas dalam jadwal tertentu pada harga berapapun. Misalnya, kita punya dana Rp ┬á10 juta dan direncanakan untuk membeli emas. Dana tersebut tidak akan kita alokasikan semua pada harga tertentu tetapi dibagi misalnya menjadi 4 kali pembelian dalam waktu 5 hari.

  • Hari ke-1: harga emas Rp 500.000 per gram untuk 5 gram, jadi alokasikan sebesar Rp 2.500.000
  • Hari ke-2: harga emas Rp 510.000 per gram untuk 5 gram, jadi alokasikan sebesar Rp 2.550.000
  • Hari ke-3: harga emas Rp 490.000 per gram untuk 5 gram, jadi alokasikan sebesar Rp 2.450.000
  • Hari ke-4: harga emas Rp 480.000 per gram untuk 5 gram, jadi alokasikan sebesar Rp 2.400.000

Total pembelian kita adalah: 2.500.000 + 2.550.000 + 2.450.000 + 2.400.000 = Rp 9.900.000. Ini akan memperendah resiko kita pada harga yang lebih tinggi dan opportunity cost atau hilangnya kesempatan untuk berinvestasi. Ini adalah sebuah contoh dan tentu juga memiliki kelemahan. Teknik menabung emas ini memerlukan dana yang cenderung lebih tinggi dan akan semakin efektif jika memiliki alokasi pendanaan yang lebih besar. Dan, juga diperlukan update informasi apakah harga saat ini adalah harga tertinggi atau tidak. Kecenderungan dalam jangka pendek, jika harga sudah menyentuh rekor harga tertingginya maka akan cenderung sebentar dan berfluktuatif.

Teknik menabung emas apapun yang digunakan, jika tujuan kita sudah dalam jangka menengah-panjang tentu ini tidak lagi menjadi hal penting. Karena sifat inheren emas yang cenderung meningkat dalam jangka menengah-panjang, tentu harga tidak lagi menjadi pertimbangan utama.

One thought on “GCA: Teknik Menabung Emas Sederhana

  1. Pingback: Faktor Penentu Harga Emas di Indonesia | Words of CB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.