Apa Yang Baiknya Dilakukan Saat Harga Emas Turun

saat harga emas turunSaat harga emas turun, saya dan anda tentu saja tidak perlu lagi khawatir (deg-degan sedikit masih bolehlah hehehe…). Yang perlu kita pikirkan seharusnya lebih positif. Pertanyaannya adalah apa yang seharusnya kita lakukan saat harga emas turun seperti beberapa hari belakangan ini? Bagi saya cuma satu: Beli lagi! ๐Ÿ™‚

Itu jawaban idealnya, mengutip lagi nasehat Rully Kustandar–si empunya Kebun Emas–yang belum hilang dari ingatan yaitu: “Saat yang tepat membeli emas adalah saat kita punya uang.” Kalau saya dan anda belum punya uang yang dialokasikan untuk membeli emas artinya saat ini bukan waktu yang tepat untuk membeli. Menyerah? Kalau saya, belum! Hehehe….

Yang Saya Lakukan Saat Harga Emas Turun

Saya akan memeriksa portofolio investasi dan tabungan milik saya (sebenarnya milik istri saya hehehe….). Apakah masih ada dana yang masih idle dan belum dipergunakan, apakah masih ada dana yang masih berbentuk investasi lain dan perlu dikonversi ke emas, apakah dana saya cukup untuk dana cadangan keluarga saya, apakah ada kebutuhan yang masih bisa ditunda dan dananya bisa digunakan untuk menambah tabungan emas keluarga.

Jika danaย idle atau dana yang tidak belum digunakan, maka dana ini akan digunakan sebagai sumber pendanaan membeli emas. Sumber dana potensial lainnya adalah portofolio investasi aset kertas yang memang rencananya akan dikonversikan semua, seperti obligasi ritel, reksadana, saham dan lainnya. Konkritnya, aset kertas ini akan saya jual tentu saja melihat apakah sudah saat yang tepat menjualnya. Lalu, dana hasil penjualannya saya belikan emas lagi.

Sumber dana membeli emas lain yang memungkinkan lainnya adalah dana yang diawalnya dipersiapkan untuk membeli sesuatu atau dihabiskan untuk kegiatan sesuatu. Misalnya saja dana yang dipersiapkan untuk membeli handphone baru atau liburan. Umumnya dana yang dipersiapkan untuk kebutuhan tersier keluarga, kebutuhan yang sebenarnya sangat bisa ditunda.

Dari ketiga sumber dana inilah yang akan saya gunakan untuk membeli emas lagi. Pilihan selanjutnya adalah metode membeli emas apa yang saya gunakan. Saya sendiri lebih memilih dengan mencicil saja selama kemampuan bayar cicilan saya masih mencukupi. Jika tidak, yang saya pilih adalah membeli emas secara cash. Kenapa tidak melunasi cicilan emas yang sudah ada saja? Saya akan melunasi cicilan emas yang sebelumnya diambil jika harganya memang lebih rendah dari harga saat ini, jika tidak mendingan ambil cicilan baru hehehe….

Tapi, poin penting strategi yang saya lakukan saat harga emas turun adalah mengatur ulang keuangan pribadi dan memastikan apakah masih ada dana yang bisa digunakan untuk membeli emas atau tidak. Kalau masih ada, dana inilah yang akan digunakan. Punya strategi lain dan ingin berbagi? Welcome banget ๐Ÿ˜‰